RPP Bahasa Indonesia Kelas 6/1 Pert.V
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI ISLAMIYAH
JATIMULYA
Pelajaran : V
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 3. Memahami teks dengan membaca intensif dan
membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit
MEMBACA
A.
Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu
laporan hasil pengamatan/kunjungan
B.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca laporan hasil
pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan
tersebut
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan
berdasarkan isi laporan pengamatan
§ Siswa dapat Menyusun laporan kegiatan
sesuai kerangka
§ Siswa dapat Melaporkan hasil pengamatan di
depan kelas
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C.
Materi Pokok
§ Laporan hasil pengamatan
D.
Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan
pertanyaan tentang tek bacaan laporan pengamatan yang akan dibaca
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membaca
laporan hasil pengamatan
F
Membahas isi laporan hasil pengamatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya
jawab,diskusi,penugasan
F
Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan
kemudian mencatat isinya
E.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode
: Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Siswa dapat membaca laporan hasil
pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks
laporan tersebut
·
Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan
isi laporan pengamatan
·
Siswa dapat menyusun laporan kegiatan
sesuai kerangka
·
Siswa dapat melaporkan hasil pengama-tan di
depan kelas
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Jawablah pertanyaan berdasarkan isi laporan
pengama-tan !
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|||||||
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jatimulya , ..............................
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.


