RPP Bahasa Indonesia Kelas 6/1 Pert.II
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI ISLAMIYAH
JATIMULYA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Standar Kompetansi :1.Mendengarkan
Memahami
tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu :
2 X 35 menit
MENDENGARKAN
A.
Kompetensi Dasar
1.2 Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema
,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.
B.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan cerita anak
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesua
dengan cerita yang didengar
§ Siswa dapat Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
§ Siswa dapat Menentukan latar cerita
§ Siswa dapat Menceritakan kembali cerita yang didengar
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C.
Materi Pokok
§ Cerita anak
D.
Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan
pertanyaan tentang cerita anak yang pernah dibaca atau didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mendengarkan
cerita anak
F
Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang
didengar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menentukan
tokoh dan sifat tokoh cerita
F
Menentukan
latar cerita
F
Menceritakan kembali cerita yang didengar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya
jawab,diskusi,penugasan
F
Membaca
buku cerita anak
E.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Siswa dapat mendengarkan cerita anak
·
Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita
yang didengar
·
Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
·
Siswa dapat menentukan latar cerita
·
Siswa dapat menceritakan kembali cerita
yang didengar
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Uraian
|
·
Jawablah pertanyaan sesuai dengan cerita
yang didengar!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|||||||
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jatimulya , …………………
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mapel Bahasa
Indonesia.
Hj. MASQI AZIZAH ABDUL MUHNI, S.Pd.I



Posting Komentar