Mughni Mughni Author
Title: Kurtilas "berhenti", semangat tidak boleh berhenti
Author: Mughni
Rating 5 of 5 Des:
Sejak kurikulum 2013 di terapkan pada beberapa sekolah, guru menyesuaikan diri bagaimana cara menerapkan pelaksanaanya. pro dan kontra p...
Sejak kurikulum 2013 di terapkan pada beberapa sekolah, guru menyesuaikan diri bagaimana cara menerapkan pelaksanaanya. pro dan kontra pun terjadi, ada yang mendukung dan tidak sedikit yang keberatan dalam melaksanakannya.
Setelah pergantian menteri pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengumumkan hasil evaluasi Kurikulum 2013. Ada tiga keputusan ; pertama, menghentikan Kurikulum 2013 untuk sekolah yang baru menyelenggarakannya selama satu semester dan kembali menggunakan KTSP 2006. Kedua, melanjutkan Kurikulum 2013 bagi sekolah yang telah melaksanakannya selama dua atau tiga semester sebagai sekolah percontohan. Ketiga, Kurikulum 2013 diserahkan pada Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) serta Unit Implementasi Kurikilum (UIK), dengan begitu perbaikan terhadap Kurikulum 2013 tidak berhenti namun diperbaiki dan akan dikembangan menjadi lebih baik lagi.
Dampak perubahan kurikulum secara mendadak itu memang sedikit menyulitkan karena harus melakukan penyesuaian kembali dari berbagai aspek kurikulum 2013 yang sebenarnya baru saja dijalankan. Kalau kita kaji ada beberapa kelebihan dalam kurikulum 2013. Pertama, siswa dilatih bagaimana cara mendapatkan ilmu dengan melakukan penelitian sendiri. Kemudian siswa aktif bertanya atau mengkomunikasikan  tentang percobaannya, baru siswa dapat menyimpulkannya. Kedua, dalam sisi perbaikan akhlak kurikulum 2013 lebih mampu untuk mengatasinya, karena penerapannya lebih banyak dalam sisi skill dan moral daripada aspek pengetahuan.

Saya sendiri sebenarnya lebih cocok menggunakan kurikulum 2013, karena siswa tidak terlalu dibebani dalam penguasaan pengetahuan. Dengan adanya kurikulum 2013, datang angin segar bagaimamana membentuk insan yang cerdas tidak hanya dalam hal kognitif  tetapi juga secara emosional dan spiritual. Tetapi, walaupun kurikulum 2013 diberhentikan untuk sejumlah sekolah. Para guru sebaiknya tidak berhenti dalam melaksanakan tujuan baik dari adanya kurikulum 2013. Mari kita sebagai pendidik berusaha secara maksimal membentuk pribadi � pribadi yang unggul dengan cara � cara yang diajarkan pada penerapan kurikulum 2013.

Tentang Penulis

Posting Komentar

Link Website Pendidikan Terkait:

  • BPTIKP Jateng
  • Jateng Pintar
  • Dinas Pendidikan Provonsi Jawa Tengah
  • Kemenag Kab. Tegal
  • Kemenag kanwil Jateng
  • Kemenag Republik Indonesia
 
Top