RPP Bahasa Indonesia Kelas 6/1 Pert.IX
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : MI ISLAMIYAH
JATIMULYA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan
informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35
menit
MENULIS
A.
Kompetensi Dasar
4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai
topic dengan memperhatikan penggunaan
ejaan yang baik dan benar Tanda titik
dua ( : )
B.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami
penggunaan tanda titik dua (:) dalam
teks percakapan
§ Siswa dapat Memperagakan
teks percakapan
§ Siswa dapat Mencatat
informasi penting yang terdapat
dalam teks percakapan
§ Siswa dapat Melengkapi
teks percakapan yang belum selesai
§ Siswa dapat Memperagakan
teks percakapan yang dibuat sendiri
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C.
Materi Pokok
§ Teks Percakapan
D.
Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan
dipelajari
-
Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan yang
akan dibaca atau didengarkan
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam
teks percakapan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Memperagakan teks percakapan
F
Mencatat informasi penting yang terdapat dalam
teks percakapan
F
Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
F
Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya jawab,diskusi,penugasan
F
Menyusun percakapan dan memperagakannya di depan kelas
E.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
·
Siswa
memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks percakapan
·
Siswa
memperagakan teks percakapan
·
Siswa
mencatat informasi penting yang
terdapat dalam teks percakapan
·
Siswa
melengkapi teks percakapan yang belum
selesai
·
Siswa
memperagakan percakapan yang dibuat sendiri
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Buatlah
catatan informasi penting yang
terdapat dalam teks percaka-pan!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|||||||
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jatimulya , ………………..
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
Hj. MASQI AZIZAH ABDUL MUHNI, S.Pd.I



Posting Komentar