SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : MI Islamiyah Jatimylya
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI /
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
4. Menulis
Mengungkap-kan
pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,
ringkasan, dialog dan parafrase
|
4.1 Mengisi
formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat
hidup dll) dengan benar
|
Wesel Pos
|
·
Siswa dapat memahami
penulisan wesel pos
·
Siswa dapat mengisi wesel pos berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan
· Siswa
dapat memahami kalimat anjuran
· Siswa
dapat memilih kalimat anjuran yang
tepat
· Siswa
dapat membuat kalimat
·
anjuran
|
· Memahami penulisan wesel pos
· Mengisi
wesel pos berdasarkan keterangan yang
sudah ditentukan
· Memahami
kalimat anjuran
· Memilih
kalimat anjuran yang tepat
· Membuat
kalimat anjuran
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Isilah wesel
pos berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan!
|
1 X pertemuan
2 X
35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.50-52 Penerbit Erlangga
|
4.2 Membuat
ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar
|
·
Teks Cerita Pendek
|
·
Siswa dapat membaca cerita pendek
·
Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasar-kan
cerita yang dibaca
· Siswa
dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek
· Siswa
dapat meringkas cerita yang dibaca berdasar-kan urutan peristiwa
· Siswa
dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
· Siswa
dapat mencari antonym kata yang
terdapat dalam bacaan
|
· Membaca
cerita pendek
· Menjawab
· pertanyaan
berdasarkan cerita yang dibaca
· Menentukan
urutan peristiwa cerita pendek
· Meringkas
cerita yang dibaca berdasarkan urutan
peristiwa
· Mengidentifikasi
kata-kata bersinonim yang terdapat
dalam teks bacaan
· Mencari
antonym kata yang terdapat dalam bacaan
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Jawablah pertanyaan berdasar-kan cerita yang di baca!
· Buatlah
ringkasan cerita yang dibaca berdasar-kan urutan peristiwa!
|
2 X pertemuan
4 X
35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 63-66 Penerbit Erlangga
|
|
4.3 Menyusun
percakapan tentang berbagai topic
dengan memperhatikan penggunaan ejaan yang baik dan benar. * Tanda baca titik
dua ( : )
|
·
Teks Bacaan
|
·
Siswa memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam
teks percakapan
· Siswa
memperagakan teks percakapan
· Siswa
mencatat informasi penting yang
terdapat dalam teks percakapan
· Siswa
melengkapi teks percakapan yang belum
selesai
· Siswa
memperagakan percakapan yang dibuat sendiri
|
· Memahami
penggunaan tanda titik dua (:) dalam
teks percakapan
· Memperagakan
teks percakapan
· Mencatat
informasi penting yang terdapat
dalam teks percakapan
· Melengkapi
teks percakapan yang belum selesai
· Memperagakan
teks percakapan yang dibuat sendiri
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Buatlah
catatan informasi penting yang
terdapat dalam teks percaka-pan!
|
2X pertemuan
4X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal. 7-9 Penerbit Erlangga
|
|
4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa
dengan tetap memperhatikan makna puisi
|
·
Puisi
|
·
Siswa dapat memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
·
Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan yang
baik
· Siswa
dapat memparafrasekan puisi
|
· Memahami
cara mengubah puisi menjadi prosa
· Membaca
puisi dengan penghayatan yang baik
· Mempara
frasekan puisi
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Jelaskan cara
mengubah puisi menjadi prosa!
|
1 X pertemuan
2 X
35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.36-38 Penerbit Erlangga
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan :
Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
Mengetahui,
Kepala MI Islamiyah Jatimulya
Hj. MASQI AZIZAH
NIP / NIK :
|
......................., ............... 20.....
Guru Bahasa Indonesia
ABDUL MUHNI, S.Pd.I
NIP / NIK :
|
Posting Komentar
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.