Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VI / 2
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5.
Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
|||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|||||||||
5.1 Menyim-pulkan
isi berita yang didengar dari televisi atau radio
|
·
Berita
|
·
Siswa dapat mendengarkan berita yang didengar dari
televisi atau radio
· Siswa dapat menjawab
pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
· Siswa
dapat menentukan Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
· Siswa
dapat menceritakan kembali judul yang didengar
|
· Mendengarkan
berita yang didengar dari televisi atau radio
· Menjawab
pertanyaan sesuai dengan berita yang didengar dari televisi atau radio
· Menentukan
Judul berita yang didengar dari televisi atau radio
· Menceritakan
kembali judul yang didengar
|
· Lisan
· Tertulis
·
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Jawablah pertanyaan sesuai dengan berita yang
didengar dari televisi atau radio!
· Tentukan-lah
Judul berita yang didengar dari televisi atau radio!
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga
|
|||||||||
5.2 Mence-ritakan
isi drama pendek yang disampaikan
secara lisan
|
·
Drama pendek
|
·
Siswa dapat mendengarkan drama pendek yang
disampaikan secara lisan
· Siswa dapat menjawab
pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan.
· Siswa
dapat menentukan Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan
· Siswa
dapat menceritakan kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan
|
· Mendengarkan
drama pendek yang disampaikan secara lisan
· Menjawab
pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan.
· Menentukan
Judul drama pendek yang disampaikan secara lisan
· Menceritakan
kembali drama pendek yang disampaikan secara lisan
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Jawablah pertanyaan
sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan!
· Tentukan-lah
Judul drama pendek yang disampai-kan secara lisan!
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina
Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga
|
|||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines),
Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab
( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||||||||||
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran,
perasaan,dan informasi dengan berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi.
![]() |
|||||||||||||||||
6.1 Berpidato atau presentasi untuk berbagai
keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
|
Pidato atau
presentasi
|
· Siswa dapat memahami berbagai
jenis pidato atau presentasi
· Siswa
dapat menyampaikan isi pidato atau presentasi secara lisan
·
Siswa dapat mencari pidato atau
presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
|
· Memahami
berbagai jenis pidato atau presentasi
· Menyampaikan
isi pidato atau presentasi secara lisan
· Mencari
pidato atau presentasi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Sampaikan
isi pidato atau presentasi secara lisan!
·
Carilah pidato atau presentasi
di surat kabar kemudian menyampaikan isinya!
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina
Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga
|
|||||||||
6.2 Melapor-kan isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah
halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
|
Buku
|
·
Siswa dapat memahami berbagai isi buku
yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat
yang runtut
· Siswa
dapat menyampaikan isi isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah
halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan
·
![]() |
·
Memahami berbagai isi buku
yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat
yang runtut
·
Menyampaikan isi isi
buku yang dibaca (judul,
pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut secara lisan
·
Mencari isi
buku yang dibaca (judul,
pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut di surat kabar
kemudian menyampaikan isinya
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Sampai-kanlah isi
buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan
kalimat yang runtut secara lisan!
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina
Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga
|
|||||||||
6.3 Memba-cakan
puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
|
·
Puisi
|
· Siswa dapat memahami puisi
dengan kalimat yang runtut
· Siswa
dapat menyampaikan puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan
· Siswa
dapat mencari
· puisi
di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
|
· Memahami
puisi dengan kalimat yang runtut
· Menyampaikan
puisi dengan kalimat yang runtut secara lisan
· Mencari
puisi di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Penugasan
|
Lembar penilaian
|
· Sampai-kanlah puisi dengan kalimat yang runtut secara
lisan!
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina
Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga
|
|||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
Standar Kompetensi : Membaca
![]() |
|||||||||||||||||
7.1 Menemu-kan makna tersirat suatu teks melalui
membaca intensif
|
Teks bacaan
|
· Siswa membaca intensif teks bacaan
· Siswa
menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
· Siswa
mencatat informasi-informasi penting dari bacaan
· Siswa
menanggapi isi bacaan
|
· Membaca
intensif teks bacaan
· Menyatakan
pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
· Mencatat
informasi-informasi penting dari bacaan
·
Menanggapi isi bacaan
·
|
· Lisan
· Tertulis
·
Penugasan
|
Lembar penilaian
|
·
Buatlah pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan!
· Susunlah
informasi-informasi penting dari bacaan!
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina
Bahasa Indonesia
Penerbit
Erlangga
|
|||||||||
7.2 Mengiden-tifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita,
dan amanat) dari teks drama anak
|
Drama
|
· Siswa
mengidentifikasi berbagai unsur
(tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
· Siswa
menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi Drama
· Siswa
mencatat informasi-informasi penting dari drama
·
Siswa menanggapi isi drama
|
· Mengidentifikasi
berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita,
dan amanat) dari teks drama anak
· Menyatakan
pernyataan yang sesuai dengan isi Drama
· Mencatat
informasi-informasi penting dari drama
·
Menanggapi isi drama
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Penugasan
|
Lembar penilaian
|
· Identifikasi-kanlah
berbagai unsur (tokoh, sifat, latar,
tema, jalan cerita, dan amanat) dari
teks drama anak!
|
1 X pertemuan
2 X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina
Bahasa Indonesia
Penerbit
Erlangga
|
|||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
![]()
8. Mengungkapkan
pikiran dan informasi secara tertulis
dalam bentuk naskah
pidato dan surat resmi
|
|||||||||||||||||
8.1 Menyusun naskah pidato/sambutan
(perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan
bahasa yang baik dan benar, serta
memperhatikan penggunaan ejaan
|
Naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)
|
·
Siswa memahami naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar,
serta memperhatikan penggunaan ejaan
·
Siswa memperagakan teks naskah
pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
·
Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam
teks naskah
pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
![]() |
· Siswa memahami naskah
pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
·
Siswa memperagakan teks naskah
pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
·
Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam
teks naskah
pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
|
·
Lisan
Tertulis
·
Penugasan
|
Lembar penilaian
|
·
Buatlah catatan mengenai informasi penting yang terdapat dalam teks naskah pidato/sambutan
(perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan!
|
2X pertemuan
4X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga
|
|||||||||
8.2 Menulis surat resmi dengan
memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
|
Ssurat Resmi
|
· Siswa
memahami surat resmi dengan bahasa
yang baik dan benar, serta
memperhatikan penggunaan ejaan
· Siswa
menuliskan surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar,
serta memperhatikan penggunaan ejaan
· Siswa
mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar,
serta memperhatikan penggunaan ejaan
|
· Memahami
surat resmi dengan bahasa yang baik
dan benar, serta memperhatikan
penggunaan ejaan
· Menuliskan surat resmi
dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
· Mencatat
informasi penting yang terdapat dalam surat resmi dengan bahasa yang baik dan benar,
serta memperhatikan penggunaan ejaan
|
·
Lisan
·
Tertulis
·
Penugasan
|
Lembar penilaian
|
· Tuliskan surat resmi
dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan!
|
2X pertemuan
4X 35 menit
|
Kurikulum 2006
Buku Bina
Bahasa Indonesia Penerbit Erlangga
|
|||||||||
v Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines),
Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ), Tanggung jawab
( responsibility )
Berani ( courage ) dan
Ketulusan ( Honesty )
|
|||||||||||||||||
Mengetahui,
Kepala MI Islamiyah Jatimulya
Hj.MASQI AZIZAH
NIP / NIK :
|
......................., ............... 20.....
Guru Bahasa Indonesia
ABDUL MUHNI, S.Pd.I
NIP / NIK :
|
Posting Komentar
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.