SILABUS
Nama Madrasah :
MI Islamiyah Jatimulya
Mata Pelajaran : AL-QUR’AN-HADIS
Kelas / Semester :
V / II
STANDAR
KOMPETENSI : 3.Menghafalkan surat-surat
pendek secara benar dan fasih
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
3.1 Membaca surat al-‘Alaq secara benar dan fasih
|
Surat al-‘Alaq
|
·
Menyimak bacaan
surat al-‘Alaq melalui kaset /VCD
·
Menirukan
bacaan surat al’Alaq dari ustadz/Qori’
·
Membaca surat
al-‘Alaq secara benar dan fasih
|
·
Melafalkan tiap ayat dari surat Al-‘Alaq
·
Membaca tiap ayat surat Al-‘Alaq
·
Membaca surat Al-‘Alaq secara keseluruhan
|
Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk Kerja
|
2 jampel
|
Kaset VCD Al-Qur’an
|
3.2 Menghafal surat al-‘Alaq secara benar dan fasih
|
Hafalan surat al-‘Alaq
|
·
Menyimak
berulang-ulang bacaan surat al-‘Alaq
4
Bermain
“Rubu’iyah”atau kwartet dengan kartu ayat dari surat al-‘Alaq
·
Menghafal surat
al-‘Alaq secara benar dan fasih secara berkelompok
|
·
Melanjutkan
potongan ayat secara acak dalam surat ‘Al-‘Alaq tanpa melihat Al-Qur’an
·
Menyebutkan
nomor ayat ketika surat al-‘Alaq dibaca secara acak
·
Menghafal surat
al-‘Alaq
|
Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk Kerja
|
6 jampel
|
Kartu ayat
|
STANDAR
KOMPETENSI : 4. Memahami arti surat pendek
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
4.1 Menterjemahkan surat Al-Qadr
|
Surat al-Qadr
|
·
Menggali
informasi lafdziah surat Al-Qadr
·
Secara
berkelompok mencocokkan terjemah lafdziah surat Al-Qadr
·
Secara
berpasangan saling menterjemahkan surat Al-Qadr
|
·
Menyebutkan
terjemahan ayat surat Al-Qadr secara acak
·
Meneruskan
terjemahan ayat surat Al-Qadr
·
Menterjemahkan
surat Al-Qadr secara keseluruhan
|
Lisan
|
2 jampel
|
Kaset VCD Al-Qur’an
|
4.2 Menjelaskan isi kandungan surat Al-Qadr tentang malam
Lailatul Qadr secara sederhana
|
Surat al-Qadr
|
· Studi literatur tentang malam Lailatul Qodr
· Mendengarkan penjelasan isi kandungan surat Al-Qadr
· Siswa secara bersama dibimbing guru menyimpulkan hasil
diskusi
|
·
Menyebutkan
waktu malam lailatul Qadr
·
Menjelaskan
tanda-tanda malam Lailatul Qadr
·
Menyebutkan
keutaman orang yang memperoleh malam Lailatul Qadr
|
Tulis
Lisan
Unjuk kerja
|
STANDAR
KOMPETENSI : 5. Memahami arti hadits tentang taqwa dan ciri-ciri orang munafik
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
5.1 Menterjemahkan Hadits tentang taqwa dan ciri-ciri orang
munafik
|
Hadits tentang taqwa
|
·
Menggali
informasi lafdziah hadits tentang taqwa
·
Bermain game
mencocokkkan terjemah secara lafdhiyah dari hadits tentang taqwa
|
· Menyebutkan terjemahan hadits tentang taqwa
· Meneruskan terjemahan hadits tentang taqwa secara acak
· Menterjemahkan hadits tentang taqwa secara keseluruhan
|
Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk kerja
|
2 jampel
|
Buku paket
|
Hadits tentang ciri-ciri orang munafiq
|
·
Bermain game
mencocokkkan terjemah secara lafdhiyah dari hadits tentang ciri orang yang
munafik
·
Bergantian
dengan teman saling menyimak terjemahan hadits tentang taqwa
|
· Menyebutkan terjemahan hadits tentang menyayangi anak
yatim tiap kata
· Meneruskan terjemahan hadits tentang menyayangi anak
yatim secara acak
· Menterjemahkan hadits tentang menyayangi anak yatim
secara keseluruhan
|
Jenis
Lisan
Instrumen
Unjuk kerja
|
2 jampel
|
Buku paket
|
|
5.2. Menjelaskan isi
kandungan hadits tentang taqwa dan ciri-ciri orang munafik
|
Hadits tentang taqwa
|
· Studi literatur tentang taqwa
· Siswa secara bersama dibimbing guru menyimpulkan hasil
diskusi
|
·
Menyebutkan
arti taqwa
·
Menunjukkan
contoh perilaku orang bertaqwa
·
Menyebutkan
hikmah taqwa
·
Menjelaskan
akibat tidak bertaqwa
|
Jenis
tulis
Lisan
Instrumen
Tes subyektif
|
2 jampel
|
Kartu ayat terjemah dan
tafsir Al-Qur’an
|
Hadits tentang ciri-ciri orang munafik
|
·
Studi literatur
tentang munafik
·
Siswa secara
bersama dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi
|
·
Menyebutkan
arti munafik
·
Menunjukkan
contoh perilaku orang munafik
·
Menjelaskan
akibat munafik
|
Jenis
tulis
Lisan
Instrumen
Tes subyektif
|
Jatimulya,
Mengetahui Guru
bidang studi
Kepala Madrasah
Ati Mahmudah, S.Pd. Abdul
Muhni, S.Pd.I.
NIP. NIP.
Posting Komentar
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.