Mughni Mughni Author
Title: Silabus Qur'an Hadits Kelas 5 Smt I
Author: Mughni
Rating 5 of 5 Des:
SILABUS Nama Madrasah                   : MI Islamiyah Jatimulya Mata Pelajaran           : AL-QUR’AN-HADI T S         Kelas / ...
SILABUS


Nama Madrasah                   : MI Islamiyah Jatimulya
Mata Pelajaran           : AL-QUR’AN-HADITS        
Kelas / Semester        : V / I


STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami arti surat pendek


Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
1.2.       Menerjemahkan surat al-kafirun , surat al-Ma’un ,dan surat at-Takatsur
surat al-Kafirun
·         Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah surat al-Kafirun melalui membaca /bertanya
·         Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah  dengan ayat dalam surat al-Kafirun
·         Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan masing-masing ayat
·         Menyebutkan terjemahan ayat-ayat dalam  surat al-Kafirun secara urut dan acak
·         Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam  surat al-Kafirun
·         Menterjemahkan surat al-Kafirun secara keseluruhan

Jenis
Tulis
Instrumen
Tes Subyektif
4
jam pel
Kartu ayat dan tafsir Al-Qur’an
surat al-Ma’un
·         Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah surat al-Ma’un melalui membaca /bertanya
·         Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah  dengan ayat dalam surat al-Ma’un
·         Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan masing-masing ayat


·         Menyebutkan terjemahan ayat-ayat dalam  surat al-Ma’un secara urut dan acak
·         Meneruskan terjemahan ayat-ayat dalam  surat al-Ma’un
·         Menterjemahkan surat al-Ma’un secara keseluruhan


Jenis
Tulis
Instrumen
Tes Subyektif
4
jam pel
Kartu ayat dan tafsir Al-Qur’an
surat at-Takatsur
·         Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah surat at-Takatsur melalui membaca /bertanya
·         Bermain game mencocokkan terjemah lafdhiyah  dengan ayat dalam surat at-Takatsur
·         Secara berpasangan siswa bergantian menterjemahkan masing-masing ayat


·         Menyebutkan terjemahan ayat-ayat dalam surat at-Takatsur secara urut dan acak
·         Meneruskan terjemahan ayat surat at-Takatsur
·         Menterjemahkan surat al-Ma’un secara keseluruhan


Jenis
Tulis
Instrumen
Tes Subyektif
4 jampel
Kartu ayat dan tafsir Al-Qur’an
1.3. Menjelas-kan isi kandungan surat al-Kafirun,surat al-Ma’un,dan surat at-Takatsur secara sedarhana
surat al-Kafirun
·         Mendengarkan penjelasan tentang isi kandungan surat al-Kafirun
·         Mendiskusikan tentang toleransi beragama dalam Islam
·         Siswa dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi
·         Meyebutkan  makna-makna umum yang terkandung dalam surat Al-Kafirun
·         Menjelaskan isi kandungan surat Al-Kautsar tentang larangan mencampuradukkan ajaran agama  secara sederhana
·         Menyebutkan contoh perilaku mencampuradukkan ajaran agama

Jenis
Tulis
Instrumen
Tes Subyektif
6 jampel
Buku paket dan tafsir Al-Qur’an
surat al-ma’un
·         Mendengarkan penjelasan tentang isi kandungan surat al-Ma’un
·         Mendiskusikan tentang orang-orang yang mendustakan agama
·         Siswa dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi
·         Meyebutkan isi yang terkandung dalam surat al-Ma’un
·         Menjelaskan isi kandungan surat al-Ma’un tentang mendustakan agama secara sederhana
·         Menyebutkan contoh perilaku orang yang mendustakan agama

Jenis
Tulis
Instrumen
Tes Subyektif
6 jampel
Buku paket dan tafsir Al-Qur’an
surat at-Takatsur
·         Mendengarkan penjelasan tentang isi kandungan surat at-Takatsur
·         Mendiskusikan tentang orang-orang yang bermegah-megahan dalam hal harta sampai melupakan Allah
·         Siswa dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi
·         Menyebutkan makna-makna umum  yang terkandung dalam surat at-Takatsur
·         Menjelaskan isi kandungan surat at-Takatsur tentang bermegah-megah dalam hal harta sampai melupakan Allah secara sederhana
·         Menyebutkan contoh perilaku orang yang bermegah-megah dalam hal harta sampai melupakan Allah

Jenis
Tulis
Instrumen
Tes Subyektif
6 jampel
Buku paket dan tafsir Al-Qur’an



STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami arti hadits tentang menyayangi anak yatim

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1
2
3
4
5
6
7
2.1.    Menerjemahkan hadits tentang menyayangi anak yatim
Hadits tentang menyayangi anak yatim
·         Menggali informasi tentang terjemah lafdhiyah hadits tentang menyayangi anak yatim
·         Bermain game mencocokkan terjemah dengan kata dalam hadits

·        Menyebutkan terjemahan hadits tentang menyayangi anak yatim tiap kata
·        Meneruskan terjemahan hadits tentang menyayangi anak yatim secara acak
·        Menterjemahkan hadits tentang menyayangi anak yatim secara keseluruhan
Tulis
4 jampel
Buku paket
2.2.    Menjelas-kan isi kandungan hadits ten-tang me-nyayangi anak yatim secara sedarhana
Kandungan hadits tentang menyayangi anak yatim
·         Mendengarkan penjelasan isi kandungan hadits tentang menyayangi anak yatim
·         Siswa dibimbing guru menyimpulkan hasil diskusi
·         Menyebutkan arti yatim
·         Menunjukkan contoh perilaku mencintai anak yatim
·         Menyebutkan hikmah mencintai anak yatim
·         Menjelaskan akibat mengabaikan anak yatim
Tulis
6 jampel
Buku paket

                                                                                                                                                                                
Jatimulya,

                     Mengetahui                                                                                                                                      Guru bidang studi
                     Kepala Madrasah


Ati Mahmudah, S.Pd.                                                                                                                                                            Abdul Muhni, S.Pd.I.

                   NIP.                                                                                                                                                      NIP.
05 Jul 2015

Tentang Penulis

Posting Komentar

Emoticon
:) :)) ;(( :-) =)) ;( ;-( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.

Link Website Pendidikan Terkait:

 
Top