Mughni Mughni Author
Title: RPP Qur'an Hadits Kelas 5/1 Pert. 13 - 16
Author: Mughni
Rating 5 of 5 Des:
RPP Qur'an Hadits Kelas 5/1 Pert. 13 - 16 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran                     : Al-Qur’an ...
RPP Qur'an Hadits Kelas 5/1 Pert. 13 - 16
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran                     : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester                    : V/1
Pertemuan Ke-                     : 13–16
Alokasi Waktu                      : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi           : Memahami arti hadis tentang menyayangi anak yatim

  1. Kompetensi Dasar
1.    Menerjemahkan hadis tentang menyayangi anak yatim
2.    Memahami isi kandungan hadis tentang menyayangi anak yatim
3.    Menunjukkan perilaku menyayangi anak yatim

  1. Indikator
1.    Mampu menerjemahkan hadis tentang menyayangi anak yatim dengan baik dan benar
2.    Mampu memahami isi kandungan hadis tentang menyayangi anak yatim secara benar dan fasih
3.    Mampu menunjukkan perilaku menyayangi anak yatim dalam kehidupan sehari-hari

  1. Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat menerjemahkan hadis tentang menyayangi anak yatim dengan baik dan benar.
2.    Siswa dapat memahami kandungan hadis tentang menyayangi anak yatim secara benar dan fasih.
3.    Siswa dapat berperilaku menyayangi anak yatim sesuai proporsinya sebagai anak-anak.

  1. Materi Ajar
Arti hadis tentang menyayangi anak yatim

  1. Metode Belajar
1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Praktik

  1. Sumber Belajar
1.    Buku Cinta Al-Qur’an dan Hadis MI 5 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo
2.    Terjemah Riyadhus Shalihin
3.    Buku-buku lain yang relevan

  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (Apersepsi)
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah serta berdoa bersama.
2.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
3.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
1.    Guru menuliskan, memasang paparan, atau tayangan VCD/LCD di monitor mengenai hadis tentang menyayangi anak yatim sehingga mudah dilihat oleh siswa.
2.    Guru menerjemahkan tulisan, paparan, atau tayangan VCD/LCD di monitor mengenai hadis tentang menyayangi anak yatim dengan suara jelas dan perlahan-lahan. Siswa diminta untuk menirukan bacaan guru. Hal ini hendaknya dilakukan secara berulang-ulang.
3.    Guru membimbing siswa untuk menerjemahkan hadis tentang menyayangi anak yatim secara berulang-ulang hingga hafal.
4.    Guru menunjuk beberapa siswa ke depan kelas untuk menerjemahkan hadis tentang menyayangi anak yatim yang ada di tulisan, paparan, atau tayangan VCD/LCD.
5.    Guru meminta siswa untuk mendengarkan terjemahan hadis tentang menyayangi anak yatim dari teman-temannya.
6.    Guru meminta siswa yang mendengarkan untuk menyimak terjemahan teman-temannya. Apabila terjadi kesalahan, hendaknya mereka membetulkannya. Para siswa memberikan apresiasi kepada teman-temannya jika bacaannya benar.
7.    Guru menjelaskan kandungan hadis tentang menyayangi anak yatim.
8.    Guru meminta siswa untuk mendengarkan penjelasan tersebut.
9.    Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang permasalahan yang belum dipahami dengan baik.
10. Guru memberi tugas kepada siswa mengenai terjemahan dan kandungan hadis tentang menyayangi anak yatim.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Guru mengevaluasi tentang proses dan hasil kegiatan belajar mengajar tersebut.
2.    Guru mengajak siswa membuat kesimpulan hadis tentang menyayangi anak yatim.
3.    Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah, berdoa bersamasama, dan mengucapkan salam.


  1. Penilaian
A. Tes Lisan
Siswa diminta membaca dan menghafalkan hadis tentang menyayangi anak yatim satu per satu beserta terjemahannya.

B. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis, sebagaimana yang terdapat pada buku Cinta Al-Qur’an dan Hadis MI 5 halaman 38–40.

C. Tes Perbuatan
Siswa diminta membiasakan menyayangi anak yatim dalam kehidupan sehari-hari.


Mengetahui                                                                          Jatimulya,Nopember 2011
Kepala MI Islamiyah                                                           Guru Mata Pelajaran QH,
Jatimulya



ATI MAHMUDAH, S.Pd                                                      ABDUL MUHNI, S.Pd.I

NIP.                                                                                        NIP.

Tentang Penulis

Posting Komentar

Link Website Pendidikan Terkait:

  • BPTIKP Jateng
  • Jateng Pintar
  • Dinas Pendidikan Provonsi Jawa Tengah
  • Kemenag Kab. Tegal
  • Kemenag kanwil Jateng
  • Kemenag Republik Indonesia
 
Top