Mughni Mughni Author
Title: RPP Qur'an Hadits Kelas 5/2 Pert. 10 - 13
Author: Mughni
Rating 5 of 5 Des:
RPP Qur'an Hadits Kelas 5/2 Pert. 10 - 13 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran                     : Al-Qur’an ...
RPP Qur'an Hadits Kelas 5/2 Pert. 10 - 13
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Mata Pelajaran                     : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester                    : V/2
Pertemuan Ke-                     : 10–13
Alokasi Waktu                      : 8 jam pelajaran
Standar Kompetensi           : Memahami arti hadis tentang takwa

  1. Kompetensi Dasar
1.    Membaca hadis tentang takwa
2.    Menerjemahkan hadis tentang takwa
3.    Memahami isi kandungan hadis tentang takwa
4.    Menunjukkan perilaku takwa

  1. Indikator
1.    Mampu melafalkan hadis tentang takwa dengan benar dan fasih
2.    Mampu menerjemahkan hadis tentang takwa dengan baik dan benar
3.    Mampu memahami isi kandungan hadis tentang takwa secara benar
4.    Mampu menunjukkan perilaku takwa

  1. Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa dapat melafalkan hadis tentang takwa dengan benar dan fasih.
2.    Siswa dapat menerjemahkan hadis tentang takwa dengan baik dan benar.
3.    Siswa dapat memahami isi kandungan hadis tentang takwa secara benar.
4.    Siswa dapat menunjukkan perilaku takwa.

  1. Materi Ajar
Arti hadis tentang takwa

  1. Metode Belajar
1.    Informasi
2.    Tanya jawab
3.    Demonstrasi
4.    Praktik

  1. Sumber Belajar
1.    Buku Cinta Al-Qur’an dan Hadis MI 5 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo
2.    Terjemah Riyadhus Shalihin
3.    Buku-buku lain yang relevan


  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (Apersepsi)
1.    Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah serta berdoa bersama.
2.    Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari dengan kompetensi dasarnya.
3.    Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

B. Kegiatan Inti
1.    Guru menuliskan, memasang paparan, atau tayangan VCD/LCD di monitor mengenai hadis tentang takwa sehingga mudah dilihat oleh siswa.
2.    Guru menerjemahkan tulisan, paparan, atau tayangan VCD/LCD di monitor mengenai hadis tentang takwa dengan suara jelas dan perlahan-lahan. Siswa diminta untuk menirukan bacaan guru. Hal ini hendaknya dilakukan secara berulang-ulang.
3.    Guru membimbing siswa untuk menerjemahkan hadis tentang takwa secara berulang-ulang hingga hafal.
4.    Guru menunjuk beberapa siswa ke depan kelas untuk menerjemahkan hadis tentang takwa yang ada di tulisan, paparan, atau tayangan VCD/LCD.
5.    Guru meminta siswa untuk mendengarkan terjemahan hadis tentang takwa dari teman-temannya.
6.    Guru meminta siswa yang mendengarkan untuk menyimak terjemahan teman-temannya. Apabila terjadi kesalahan, hendaknya mereka membetulkannya. Para siswa memberikan apresiasi kepada teman-temannya jika bacaannya benar.
7.    Guru menjelaskan kandungan hadis tentang takwa.
8.    Guru meminta siswa untuk mendengarkan penjelasan tersebut.
9.    Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang permasalahan yang belum dipahami dengan baik.
10. Guru memberi tugas kepada siswa mengenai terjemahan dankandungan hadis tentang takwa.
C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1.    Guru mengevaluasi tentang proses dan hasil kegiatan belajar mengajar tersebut.
2.    Guru mengajak siswa membuat kesimpulan tentang takwa dalam melakukan suatu perbuatan.
3.    Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah, berdoa bersamasama, dan mengucapkan salam.



  1. Penilaian
A. Tes Lisan
Siswa diminta membaca dan menghafalkan hadis tentang takwa satu per satu.

B. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis, sebagaimana yang terdapat pada buku Cinta Al-Qur’an dan Hadis MI 5 halaman 78–80.

C. Tes Perbuatan
Siswa diminta membiasakan perilaku bertakwa dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah.

Mengetahui                                                                          Jatimulya,  ……………
Kepala MI Islamiyah                                                           Guru Mata Pelajaran QH,
Jatimulya



ATI MAHMUDAH, S.Pd                                                      ABDUL MUHNI, S.Pd.I

NIP.                                                                                        NIP.
04 Jul 2015

Tentang Penulis

Posting Komentar

Emoticon
:) :)) ;(( :-) =)) ;( ;-( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.

Link Website Pendidikan Terkait:

 
Top